MENCIPTAKAN INSAN ILMIAH KARIMAH

Sabtu, 14 November 2009

KONSEP DASAR MISI : Terciptanya Anak Didik :

1. Beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Konsep Dasar:
a. Setiap manusia yang dilahirkan ke dunia, sudah dalam keadaan fitrah semenjak keluar dari alam rahim. Fitrah mengandung pengertian ; Suci, bersih, belum memiliki dan tidak membawa dosa yang berketurunan. Fitrah mengandung pengertian pula bahwa, setiap anak yang lahir ke dunia ini telah membawa keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa.
b. Firman Allah SWT : (QS 7 : 172) Berbunyi: Dan ingatlah, ketika Tuhanmu mengeluar kan keturunan anak-anak adam dari sulbi mereka dan Alloh mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka, seraya berfirman: BUKANKAH AKU INI TUHANMU ?, MEREKA MENJAWAB: BETUL ENGKAU TUHAN KAMI, kami menjadi saksi.
c. Firman Allah (QS 98 : 5) Berbunyi: Padahal mereka tidak disuruh, kecuali supaya MENYEMBAH ALLAH DENGAN IKHLAS.
d. Firman Allah: Tidak semata Kami menciptakan Jin dan Manusia, kecuali untuk ibadah.
e. Setiap manusia yang lahir ke dunia, akan megalami masa pertumbuhan dan perkembangan, baik secara jasmani maupun ruhani. secara jasmani, akan menjadi besar, dewasa, tua dan akan mengalami kematian. esedangkan secara ruhani, setiap manusia akan mengakui akan adanya Tuhan dan akan mengakui kebesaran ciptaannya. Oleh sebab itu, ia akan dan harus tunduk, patuh dan taat, terhadap segala peraturan-Nya, dengan cara; Menjalankan perintah-Nya secara sadar dan benar, serta menjauhi larangan-nya secara sadar dan benar pula.

2. Cerdas, terampil dan memiliki kemandirian hidup,

Konsep Dasar:
a. Firman Allah SWT (QS. 58:11) Berbunyi: Allah akan mengangkat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang berilmu pengetahuan diantara kamu, beberapa derajat.
b. Rosulilloh SAW, bersabda: menacri ilmu hukumnya wajib bagi setiap laki-laki dan perempuan. Mencari ilmu, dari mulai buaian sampai ke liang lahad. Carilah ilmu walaupun ke negeri cina. Sahabat Ali Bin Abi Thalib ra, bersabda: ajarilah anak-anak kamu semuanya, karena masa sekarang, akan berbeda dengan masa yang akan datang.

3. Berfikir ilmiah dan berperilaku karimah

Konsep Dasar:
a. Firman Allah SWT (QS. 16: 78) berbunyi: "Dan ketika Allah SWT, mengeluarkan kamu dari rahim ibumu, maka kamu dalam keadaan tidak tahu apa-apa. Kemuadia Allah memberikan kepada kamu, pendengaran, penglihatan serta hati nurani dan akal pemikiran. Yang demikian itu, mudah-mudahan kamu menjadi hamba yang pandai bersyukur".
b. Firman Allah (QS. 2:31) Berbunyi: Dan ketika itu Adam membacakan nama-nama benda secara keseluruhan, dan memberikan pelajaran serta penjelasan kepada para Malaikat, maka para Malaikat memohon, ajarkanlah kepada kami semua nama-nama benda itu semuanya, jika kamu (Adam) termasuk orang-orang yang cerdas/ilmiah.
c. Firman Allah (QS. 17:37) berbunyi: "Janganlah kamu berjalan di muka bumi ini, dalalm keadaan sombong. Sesungguhnya kesombonganmu, tidak akan menyamai tingginya gunung, dan tidak akan mampu menembus bumi. Sesungguhnya kesombonganmu, dibenci di sisi Tuhanmu".

4. Dapat bersosialisasi terhadap sesama dan lingkungannya
Konsep Dasar:

a. Firman Allah SWT (QS.3:110) Berbunyi: Kamu (manusia) adalah umat yang terbaik, yang dilahirkan menjadi manusia, untuk menyuruh kepada kebaikan dan mencegah dari segala perbuatan munkar, dan senantiasa akan tetap beriman kepada Allah SWT.
b. Firman Allah SWT (QS. 2:22) Yang berbunyi: Dialah Allah, yang telah menciptakan bumi bagimu sebagai hamparan, dan langit sebagai atap. Kemudian dari langit itu, diturunkan hujan, maka tumbuhlah diseluruh permukaan bumi itu, aneka buah-buahan, dan semua itu adalah rizki bagi kamu sekalian.

5. Menerapkan dan menjunjung tinggi akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari
Konsep Dasar:

a. Firman Allah SWT, (QS. 7:199) berbunyi: Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah, kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka.
b. Firman Allah SWT, (QS. 33: 21) berbunyi: Sesungguhnya telah ada pada diri Rosululloh itu, suri tauladan yang baik bagimu.
c. Hadits Nabi Muhammad saw, berbunyi: Sesungguhnya aku diutus ke dunia ini, hanyalah untuk menyempurnakan akhlak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar