MENCIPTAKAN INSAN ILMIAH KARIMAH

Senin, 30 November 2009

SEJARAH BERDIRINYA SMP PUI MUKTISARI KEC. CINGAMBUL KAB. MAJALENGKA

Pada tanggal 14 Maret 1995, dilaksanakan pertemuan antara para tokoh PUI Kec. Cikijing, seperti KH.Ma'mun Ghani, KH.Bahar, KH Eyo Suryadinata, BA, Drs. M.Maksum, H.Sukanda, KH. Sutarom dan KH. Amin, dengan Sdr Eba Muhamad Fauzi, bertempat di rumah KH. Ma'mun Ghani, dengan tujuan perealisasian pendirian perguruan PUi di sekitar Kec.Cingambul.
Pada Tanggal 12 April 1995, Sdr Eba Muhamad Fauzi, menemui KH Chalid Fadlullah SH, selaku Ketua Umum PB PUI di Jakarta, dengan tujuan memohon restu dan dukungannya untuk mendirikan lembaga pendidikan tingkat SLTP di bawah naungan badan hukum Organisasi PUI.
Pada tanggal 02 Mei 1995, yang bersamaan dengan peringatan hari pendidikan nasional, berita acara akta pendirian lembaga pendidikan Formal tingkat SLTP, disepakati dan disetujui oleh PC PUI Kecamatan Cikijing.
Pada tanggal 08 Juni 1995, berita acara dan akta pendirian lembaga pendidikan tingkat SLTP, yang diberi nama MTs PUI Karangsari, dilaporkan ke Kantor Departemen Agama Kabupaten Majalengka. dan sekaligus memohon izin operasional kepada Bupati Majalengka, yang kemudian ditindaklanjuti ke Kanwid Depag Proipinsi Jawa barat dan Gubernur Jawa Barat, sampai ke Kantor Departemen Agama RI dan Kantor Mendiknas RI.
Pada tanggal 09 Juni 1995, PC PUI Cikijing, mengangkat dan menetapkan Sdr Drs Eba Muhamad Fauzi, sebagai Kepala MTs PUI Karangsari. Tetapi Titimangsa Tugas ditetapkan pada tanggal 08 Juli 1995.
Pada Tahun pelajaran 1995/1996, MTs PUI Karangsari dioperasionalkan dan mulai menerima calon murid baru, dan tercatat 42 siswa pendaftar dan diterima.
Pada tahun pelajaran 1997/1998, MTs PUI Karangsari mengikuti ujian nasional pertama kali, dengan jumlah peserta 42 siswa, dengan hasil lulus 100 %, kemudian mewisuda angkatan pertama.
Pada tanggal 02-02-2002, peletakan pertama pembangunan sekolah oleh Drs. Udin Abidin selaku Camat Cingambul.
Memperhatikan perjalanan dan keberadaan sekolah, terus mengalami pluktuasi, maka pada tahun pelajaran 2004/2005, MTs PUI Karangsari, berubah Status/nama, menjadi SMP PUI Muktisari, sampai sekarang.
Sejalan dengan perubahan status kelembagaan inilah, mulai pesatnya pembangunan fasilitas pendidikan, yang diiringi dengan menaiknya animo para orang tua/wali murid untuk menyekolahkan anaknya ke lembaga tersebut.

3 komentar:

  1. Berbahagialah orang-orang yang berjuang di jalan pendidikan yang mengajarkan Al Qura'n. Mereka termasuk sebaik-baik manusia. Pendidikanlah yang akan menentukan nasib bangsa dan ummat ini. Sukses Selalu.Amin. Bangga mengenal keluarga besar SMP PUI Muktisari.

    BalasHapus
  2. sebuah perjuangan yang di landasi niat yang ikhlas pasti allah akan meridhoinya.

    maju terus smp pui muktisari !!!

    BalasHapus